Studi kelayakan pendirian MTs Babussalam



STUDY KELAYAKAN PENDIRIAN MADRASAH

Nama Madrasah yang akan Didirikan                        : MTs Babussalam
Alamat Madrasah                                            : Jln. Krakatau Dusun Sumber Dadi RT 15
  Desa Mentawak Baru Kec. Air Hitam
  Kab. Sarolangun Jambi 37357
Nama Organisasi Calon Penyelenggara          : Yayasan Al-Irfaniyah
Alamat Organisasi Calon Penyelenggara        : Jln. Krakatau Dusun Sumber Dadi RT 15
  Desa Mentawak Baru Kec. Air Hitam
  Kab. Sarolangun
Akte Notaris                                                   : Dahri Iskandar,SH.M.Kn No:13 Tgl 12-12-2014
Pengesahan Akte Notaris                                : No AHU-00I0800.50.80.2014 Tgl 18-12-2014


A.    Latar Belakang dan Tujuan Pendirian     
Madrasah Tsanawiyah Babussalam adalah salah satu tingkat/jenjang yang ada di Pondok Pesantren Babussalam, sejarah berdirinya MTs Babussalam tidak terlepas dari sejarah berdirinya Pesantren. Pondok Pesantren Babussalam berdiri pada tahun 1992 didirikan oleh Hadrotussyaikh Ky Irfan, yang berasal dari Bandung, pada tahun 1986 beliau mengikuti program transmigrasi ke  di awali dari majlis ta’lim di langgar/mushala, kepesantrenan dengan system salafiyah, nama Babussalam diambil dari
Seiring berjalannya waktu dan tuntutan kebutuhan masyarakat khususnya, penyelenggaraan pesantren dengan sistem salafi di rasakan masih belum memenuhi kebutuhan masyarakat zaman sekarang, dimana tuntutan potensi duniawi dan ukhrawi di zaman sekarang sangat di butuhkan. Berangkat dari amanat Hadrotussyaikh Romo Kyai Misbahul Munir sebagai guru dan musyid di keluarga Ky. Irfan, mengingat tantangan dan kebutuhan zaman yang semakin kompleks maka lembaga pendidikan khususnya pesantren harus mengembangkan sayap dan berinovasi dalam metode dan orientasi duniawi dan ukhrawi, pesan itulah yang berulangkali di sampaikan beliau kepada Ky Irfan selaku pengasuh Pondok Pesantren Babussalam, yang menjadi motivasi dalam penyelenggaraan MTs Babussalam.
1.      Visi
“Unggul dalam prestasi, luhur dalam budi, menggapai ridha ilahi”
2.      Misi
a)      Menciptakan lingkungan islami, yang terkorelasi dengan budaya-budaya pesantren
b)      Mengaplikasikan karakter dan kepribadian islami siswa dalam kehidupan sehari-hari
c)      Meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademik dan non akademik
d)     Meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga teknis
e)      Melengkapi sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran  efektif
3.      Tujuan
a)      Terwujudnya kecakapan siswa dalam intelektual, emosional, spiritual, keterampilan dan kesehatan jasmani
b)      Tercapainya prestasi siswa yang mampu bersaing dalam scope lokal dan nasional
c)      Terwujudnya lembaga pendidikan yang menjadi referensi mutu.
B.     Bentuk dan Nama Madrasah
Yayasan Al-Irfaniyah mendirikan jenjang pendidikan formal yang diberi nama Madrasah Tsanawiyah Babussalam.
                                                            Logo MTs Babussalam







Arti logo
1.      Segi enam cekung melambangkan rukun iman sebagai tali aqidah
2.      Lingkaran bulat yang mengelilingi bola dunia melambangkan sikap universal yang memberikan layanan kepada umat.
3.      Bola dunia melambangkan kehidupan dan perjuangan di dunia
4.      Masjid melambangkan keilmuan ukhrawi sebagai dasar dan pondasi dari pembelajaran yang di utamakan.
5.      Kitab 4 yang di tumpuk (quran, hadits, qiyas dan ijma’) melambangkan dasar keilmuan dan sumber dari segala hukum
6.      Lilin melambangkan keilmua yang mampu menjadi penerang di sekelilingnya
7.      Buku yang terbuka dan pena tul melambangkan proses pencarian ilmu
Slogan :
“ Gemilang Prestasi, Berakhlak Santri Menggapai Ridha Ilahi”.
Arti slogan:
Gemilang prestasi merupakan kecakapan dan kecerdasan intelektual yang di buktikan dengan prestasi, baik prestasi dalam kompetensi ataupun prestasi dalam potensi.
Berakhlak santri merupakan kecakapan dan kecerdasan emosional diri dalam mengelola hati untuk menjadi insan yang berakhlak mulia, dengan ungkapan santri sebagai insan yang shaleh, berakhlak mulia, sederhana, tawadhu’ dan berilmu.
Menggapai ridha ilahi merupakan tujuan dari proses penyelenggaraan pendidikan dan tujuan hidup yang utama yaitu semuanya semata-mata mencari ridha Allah SWT.  

C.    Gambaran Tata Ruang Lokasi Madrasah
      Madrasah berdiri di atas lahan tanah wakaf seluas 0,4375 Ha, bersama dengan bangunan Pondok Pesantren, yang melingkupi asrama putra, gedung belajar, mushala, dan kantor mengingat MTs masih di berada lingkungan pesantren.Adapun tata ruang madrasah di tinjau dari:
1.      Keamanan : memiliki tata ruang yang cukup aman dan tidak menimbulkan potensi kejahatan atau menggangu orang lain dengan spesifikasi bahwa madrasah berada di lingkungan masyarakat yang cukup antusias untuk melindungi keberadaan Madrasah, meskipun lingkungan pesantren tidak di pagar keliling tetapi dengan strategi Madrasah yang keberadaannya tidak jauh dari kediaman pengasuh maka pemantauan dapat secara intens di lakukan. Dan dari material yang di gunakan yaitu sebagaimana standar bangunan pada umumnya, Alhamdulillah sejak pembangunan dari tahun 2004 kondisi bangunan pesantren masih sangat layak pakai meskipun ada beberapa flafon yang sudah terbuka, tetapi keadaan tembok fisik masih cukup kuat.
2.      Kesehatan : letak Madrasah jauh dari pencemaran industri pabrik, keberadaan pabrik sawit ± 14 km dari Madrasah, sehingga tidak mengganggu kesehatan pada umumnya. Dan hal-hal lain yang mengganggu kesehatan sejauh ini tidak ada ancaman yang serius dan mengganggu.
3.      Keindahan : dari segi estetika tata letak Madarasah masih memungkinkan untuk berpotensi, meskipun lahan yang tidak luas tetapi sejauh ini masih cukup asri dan dan enak di pandang.
4.      Kemudahan akses : akses menuju Madrasah memang masih minusnya akses jalan dari arah utara yaitu mulai dari desa jelatang keadaan jalan masih belum maksimal banyak jalan yang berlubang dan dari arah selatan desa Pematangkabu akses jalan relatif cukup baik. Sedangkan kemudahan akses dapat di jangkau oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat dan dapat ditempuh sekitar 1 jam dari jalan raya besar.





5.      Master plan tata ruang lokasi Madrasah


 
Asrama Putra
 
Aula Pesantren
 
 
D.   


















Toilet
 



Mushala
 


Jalan kraktau
 






Gedung Madrasah
 






Lab Komputer, Perpustakaan, Ruang Seni
 





Gedung Madrasah

 





Ruang UKS
 




Toilet
 


D. Gambaran Kondisi Geografis Lokasi Madrasah
      MTs Babussalam terletak di Jln. Krakatau Dusun Sumber Dadi RT 15 Desa Mentawak Baru Kec. Air Hitam  Kab. Sarolangun Jambi dan berjarak kurang lebih 16 km dari kota Sarolangun, adapun batas-batas wilayah MTs Babussalam adalah sebagai berikut:
1.      Sebelah Utara : berbatasan dengan Rw 02 dan Daerah Mentawak tran kembang, dan berbatasan wilayah desa Pematang Kabau
2.      Sebelah Timur : Berbatasan dengan daerah perkebunan warga dan ada pemukiman baru perpindahan dari Aceh
3.      Sebelah Selatan : Sebelah Utara : Berbatasan dengan Desa Mentawak Ulu, dan di lalui dengan perkebunan sawit dan karet warga
4.      Sebelah Barat : Berbatasan dengan Rw 03 dan dekat dengan SMKN 6 Sarolangun, MI Tarbiyatul Islamiyah dan SMPN 32 Sarolangun.
      Melihat dari data di atas, MTs Babussalam cukup kondusif untuk mengadakan kegiatan pembelajaran, karena jauh dari keramaian , transportasi yang menghubungkan Madrasah dengan daerah sekitar juga tidak sulit ditemui karena dekat dengan jalan poros sehingga masih mudah di jangkau oleh semua siswa dari berbagai penjuru, dan dekat dengan pemukiman warga yang juga di harapkan adanya kerja sama yang baik dan dapat memberikan dukungan dalam bermasyarakat di luar sekolah. Dan juga bahwa lokasi Madrasah jauh dari pegunungan merapi atau daerah-daerah rawan bencana sehingga sangat strategis untuk lokasi pendidikan.













Berikut peta lokasi Madrasah:
































E.     Keberadaan Madrasah dalam Perspektif Ekologis
Madrasah Tsanawiyah Babussalam berada pada lingkungan yang cukup memadai untuk keberadaan lembaga pendidikan, kondisi lingkungan masyarakat tidak begitu padat dan rumah-rumah warga masih berada di pinggir jalan saja, dan pada umumnya lokasi belakang rumah warga adalah perkebunan sawit atau karet, mengingat lokasi adalah awalnya  daerah transmigrasi, masih banyak lahan yang belum di gunakan sebagai lokasi perumahan atau bangunan.
Dari konstruk bangunan Madrasah yaitu pada umumnya, bangunan ukuran 4x4 dan total semuanya 144 m2 dan tinggi 6 m, dengan keadaan bangunan Madrasah dari aspek lingkungan tidak mengganggu karena dengan konstruk bangunan tersebut keberadaan lingkungan sekitar masih berada dalam batas normal, bangunan Madrasah yang masih sebatas bangunan permanen yang tidak dengan konstruk fondasi dalam.

F.     Prospek Pendaftar
Dari prosfek pendaftaran peserta didik baru kedepan mempunyai potensi dan peluang besar, dari instansi pendidikan ada tiga jenjang sekolah dasar di Desa Mentawak Baru yaitu SDN 211, SDN 169 dan MI Tarbiyatul Islamiyah. Dari data kelulusan tahun 2015 SDN 169 meluluskan 40 sisiwa, SDN 211 meluluskan 8 siswa dan MI Tarbiyatul Islamiyah meluluskan 5 siswa.
Perkiraan dari jumlah siswa yang sekolah di jenjang pendidikan dasar sebanyak 600 siswa di Desa Mentawak Baru, hal ini menjadi peluang untuk dapat merencanakan prosfek peserta didik baru. Dari pendaftaran pertama pada tahun ajaran 2015/2016 lebih banyak dari lulusan SDN 169 yaitu 8 anak, mengingat jumlah siswa di SD tersebut termasuk paling banyak di banding jenjang pendidikan dasar yang lain yang ada di Desa Mentawak Baru.

G.    Kebutuhan Masyarakat Terhadap Lulusan
Dewasa ini lembaga pendidikan pada jenjang dasar kedua ada dua dalam satu Desa yaitu SMPN 32 Sarolangun dan MTs Babussalam, selama ini mengingat SMPN 32 Sarolngun adalah jenjang pendidikan dasar yang pertama di Desa Mentawak Baru maka animo masyarakat masih cenderung melihat status sekolah yang Negeri, tetapi dengan hadirnya MTs Babussalam yang lahir dan di kembangkan dari Pondok Pesantren juga adalah hasil dari request masyarakat akan hadirnya lembaga pendidikan solutif dan prefentif, alasan yang cukup signifikan adalah keadaan dekadensi moral anak-anak remaja yang semakin lama terkontaminasi dengan pengaruh global, IT, akses internet dll, hal itu juga menjadi kekhuatiran para orangtua untuk mengarahkan dan membentengi anak didiknya  dari pengaruh-pengaruh tersebut, sehingga hadirnya MTs Babussalam yang terpadu dengan Pondok Pesantren membawa angin segar akan harapan masyarakat. Dewasa ini kebutuhan dan harapan masyarakat sekitar khusunya lebih kepada moralitas anak-anaknya, mampu mengaji ilmu agama dan berakhlak baik. Disamping akhlak yang baik tuntutan masyarakat juga mengarah pada skil yang lain seperti pidato, keterampilan seni dll, karena banyak dari orangtua murid yang menginginkan anak-anaknya mampu untuk mempunyai skil tersebut supaya seimbang antara keilmuan dunia dan akhirat yang di lengkapi dengan skil yang baik.
Dukungan masyarakat akan hadirnya MTs Babussalam sangat mengapresiasi sekali, seperti masyarakat berbondong-bondong membangun asrama putra, membantu penyediaan air, kerelaan mengajar walaupun tanpa di beri honor, membantu memberi sayur-mayur untuk kebutuhan makan sehari-hari siswa.  

H.    Demografi anak usia sekolah dengan ketersediaan lembaga pendidikan formal
Di Desa Mentawak Baru pendidikan formal sederajat yaitu SMPN 32 Sarolangun yang jumlah keluaran setiap tahun ± 60 siswa, dari segi peluang peserta didik di daerah ini kurang lebih mempunyai peluang yang cukup baik. Dari analisis kami bahwa Madrasah mampu menampung peserta didik baru dengan kapasitas ± 30-40 siswa untuk tahun ini dan tahun depan, dengan rasionalisasi:
1.      Ruang kelas, ada 4 ruang kelas yang bisa digunakan untuk belajar
2.      Asrama putra ada 4 kamar dengan ukuran 3x3 m2
3.      Asrama Putri, baru ada 1 ukuran 3x6 m, dan rencana tahun ini akan membangun asrama Putri dengan ukuran 7x5
4.      Toilet ada 1 dan kamar mandi Putra ada 2, dan rencana akan membangun 2 unit untuk toilet dan 3 untuk kamar mandi

                                                                           Mentawak Baru,  15-08-2015

Ketua/Penanggunng Jawab




Zainal Arifin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil MTs Babussalam

aku santri babussalam